Matematika dan Komputer : Selamat datang di Blog Pendidikan Matematika dan Komputer

10 Februari 2009

Harga Laptop Semakin Murah. Bagaimana memilihnya?

HARGA laptop semakin murah. Dengan mengantongi uang Rp5 jutaan, Anda sudah bisa membawa pulang laptop berfitur lumayan. Laptop bukan lagi barang mewah. Laptop atau sering juga di sebut notebook seolah menjadi barang yang wajib ada. Mengetahui pasar yang kian gemuk, produsen mencoba merilis laptop new entry level dengan harga terjangkau. Namun, itu juga membuat jenis dan merek laptop yang ada di pasaran semakin banyak dan beragam. Ini tentu saja dapat membuat konsumen kebingungan. Nah, bagaimana cara memilih laptop yang tepat?

Pertama, tentukan dulu kegunaan laptop Anda. Fungsi desain dan gaming jelas membutuhkan spek lebih. Terutama dalam peranti VGA, memori dan prosesor. VGA atau kartu grafis ini berfungsi mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Semakin bagus VGA, semakin tajam dan detail pula tampilan di layar. Sebaliknya, pilihan prosesor dan memori harus disesuaikan dengan sistem operasi dan aplikasi apa saja yang akan digunakan. Aplikasi seperti Adobe Photoshop ataupun Autodesk 3ds Max jelas menyedot memori besar (lebih dari 512 MB) dan butuh prosesor multi-core untuk mengoperasikannya.

Kedua, bagaimana mobilitas Anda. Bila Anda lebih sering berada di jalan, ada baiknya untuk memilih laptop berukuran kecil dengan bentuk ergonomis dan sedap dipandang. Ini akan membuat Anda mudah untuk membawanya untuk itu anda harus mencermati daya tahan baterai, ukuran yang ringan, serta layar kecil agar mudah dibawa.

Ketiga, fitur-fitur yang ada didalmnya, fitur konektivitas seperti Wi-Fi, Bluetooth, inframerah, hingga modem yang amat penting. Ini bagi anda yang mempunyai frekuensi yang tinggi untuk akses ke internet.

Keempat, perhatikan layanan purna jual dan garansi. Untuk mendapatkan layanan purna jual dan garansi yang memuaskan ada baiknya anda memilih laptop dengan merk yang sudah terkenal dan memiliki jaminan kualitas dari merk tersebut.

Kelima, perhatikan juga soal ketersediaan layanan service dan suku cadang.

Terakhir yang sangat penting adalah budget kita untuk membeli sebuah laptop.

Nah, silahkan memilih.....

Artikel Terkait



1 komentar:

OB mengatakan...

thanks, mas agus. Kebetulan aku juga mau beli laptop baru/bekas, sebab selama ini masih nebeng di computer/laptop teman.

Posting Komentar