Matematika dan Komputer : Selamat datang di Blog Pendidikan Matematika dan Komputer

22 Mei 2009

Memilih Program Studi di PTN

Bagi siswa-siswi SMA kelas XII yang ingin melanjutkan studi ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) saat ini sebagian besar pasti sedang bingung untuk menentukan jurusan/program studi apa yang akan dipilih dalam SNMPTN nanti. Seharusnya hal ini tidak perlu terjadi. Siswa-siswa pasti selama belajar di Sekolah Menengah Atas mendapat jam khusus Bimbngan dan Konseling. Sepengetahuan saya pada saat jam tersebut biasanya bapak/ibu guru BK memberikan arahan-arahan tentang pemilihan jurusan/program studi yang tepat untuk masing-masing siswa. Namun masa-masa SMA adalah masa dimana gejolak dan psikologi remaja yang labil. Seringkali pengaruh teman sebaya mempunyai andil yang lebih besar dalam menentukan pilihan jurusan daripada keinginan, minat dan potensi pribadi. Sehingga saat-saat seperti ini masih kebingungan dalam menentukan jurusan/program studi yang akan dipilih dalam mengikuti SNMPTN.
Beberapa tips untuk memilih jurusan di PTN adalah sebagai berikut.

1. Sesuaikan dengan Minat, Bakat, Potensi diri dan Cita-cita

Siswa yang telah mengetahui potensi pribadi, minat dan bakatnya pada umumnya sudah menentukan cita-citanya. Sesuaikan pilihan jurusan dengan cita-cita yang dimiliki. Jika bercita-cita menjadi dokter, maka pilihlah jurusan kedokteran. Jika ingin jadi seorang Guru pilihlah jurusan kependidikan. Hal ini biasanya sudah direncanakan saat masih di bangku SMA. Pada saat pemilihan jurusan Ilmu Alam, Ilmu Sosial, atau Ilmu Bahasa, saat itu pastilah sudah membayangkan "jadi" apa di masa mendatang. Jurusan/program studi di berbagai PTN dapat dilihat disini.

2. Sesuaikan dengan Kemampuan Ekonomi Keluarga.

Kemampuan Ekonomi Keluarga sangat perlu di perhatikan. Tidak dapat di pungkiri, untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri sekarang ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini mungkin bukan masalah besar bagi calon mahasiswa yang mempunyai latar belakang ekonomi keluarga yang baik. Tetapi bagi yang pas-pasan akan memusingkan kepala.
Dengan memperhatikan kemampuan ekonomi keluarga ataupun pihak yang nantinya akan membiayai kuliah, bisa dijadikan dasar dalam memilih jurusan/program studi di Perguruan Tinggi mana yang akan dipilih. Faktor lokasi PTN juga diperhitungkan untuk menentukan seberapa besar biaya hidup yang akan ditanggung selama masa kuliah.

3. Mencari Informasi yang Tepat

Informasi yang tepat tentang program studi atau pilihan jurusan sangat diperlukan untuk mempertimbangkan pemilihan jurusan, terutama mengenai status jurusan, biaya kuliah, dan Prospek Pekerjaan. Informasi tentang status jurusan apakah sudah terakreditasi atau belum sangat diperlukan untuk mempertimbangkan prospek memperoleh pekerjaan dan karir. Hal ini dikarenakan beberapa lembaga masih mempertimbangkan akreditasi jurusan untuk perekrutan pegawai.
Informasi tentang jurusan/program studi ini dapat diperoleh dari keluarga, teman, guru, kakak kelas, teman mahasiswa, bimbingan belajar, profesional, dan lain sebagainya.
Internet juga merupakan salah satu sarana untuk mencari informasi yang selengkap-lengkapnya tentang program studi yang akan dipilih.

4. Peluang Diterima

Peluang diterima didasarkan pada kemampuan pribadi, daya tampung, dan besar kecilnya peminat terhadap salah satu jurusan. Setelah mengetahui kemampuan pribadi, informasi mengenai daya tampung dan peminat terhadap suatu jurusan dapat diperoleh di situs resmi SNMPTN di www.snmptn.ac.id, atau klik disini. Pada saat SNMPTN peserta akan diberikan minimal 2 pilihan jurusan. Pergunakanlah dengan baik, jika pilihan pertama anda memilih jurusan yang favorit sesuai dengan cita-cita maka pilihan kedua hendaknya disesuaikan dengan kemampuan anda, atau mungkin lebih rendah.
Pilihan jurusan akan menentukan masa depan anda, pikirkanlah dengan matang, dengan pikiran yang jernih, konsultasi dengan orang terdekat, orang tua dan jangan lupa berdoa setelah usaha maksimal yang telah dilakukan.

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar