Matematika dan Komputer : Selamat datang di Blog Pendidikan Matematika dan Komputer

30 Mei 2009

Tips Menghadapi SNMPTN : Persiapan Awal

Ketakutan calon mahasiswa menjelang pelaksanaan SNMPTN sangatlah tidak beralasan jika sebelumnya para calon mahasiswa telah mempersiapkan sebaik-baiknya. Mengapa demikian? Bukankah SNMPTN adalah hal yang ditunggu setelah selama 3 tahun belajar di SMA/SMK. SNMPTN sebenarnya adalah hal yang biasa saja seperti ulangan kenaikan kelas bahkan ulangan harian. Yang membedakan adalah tingkat persaingannya yang sangat ketat dan sulit di tebak.
Nah, untuk memenangkan persaingan itu perlu melakukan persiapan yang matang. Hal-hal yang tidak boleh di abaikan dalam menghadapi SNMPTN adalah persiapan awal sebelum mengikuti SNMPTN. Periapan awal tersebut adalah:

1. Cari informasi selengkap-lengkapnya pada pihak yang bisa dipercaya/dipertanggungjawabkan mengenai kapan pendaftaran di mulai, dimana tempat mendaftar, bagaimana caranya, dan apa syarat-syarat yang diperlukan untuk pendaftara.
2. Isi formulir pendaftaran dengan benar dan sesuai petunjuk. Kesalahan dalam mengisi formulir pendaftaran akan menjadi awal kegagalan dalam mengikuti SNMPTN. Mintalah bantuan pada pihak yang sudah berpengalaman untuk hal ini.
3. Pastikan bahwa jurusan yang dipilih sudah sesuai dengan hal-hal yang seharusnya menjadi pertimbangan dalam memilih program studi di PTN.
4. Mempersiapkan materi pelajaran yang akan menjadi mata uji pada SNMPTN salah satunya dengan menikuti bimbingan belajar khusus untuk mengikuti SNMPTN.
Pelaksanaan SNMPTN sudah begitu dekat. Sudah siapkah kalian?

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar