Matematika dan Komputer : Selamat datang di Blog Pendidikan Matematika dan Komputer

01 Juli 2009

Google Chrome untuk Linux dan Mac OS X

Google Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Google juga elah berjanji akan membuat browser Chrome untuk sistem operasi Linux dan Mac OS X dan masih dalam masa pengembangan dan dijadwalkan untuk dirilis tak lama lagi. Namun sampai saat ini belum ada tanggal resmi kapan dirilis Chrome final untuk Mac OS X dan Linux tersebut dari Google.

Satu alasan mengapa Google membuat Chrome versi Linux dan Mac OS X, menurut software engineer Chromium, Jeremy Moskovich, adalah karena teknik "sandboxing", Chrome yang digunakan untuk membuat browser Chrome versi Windows lebih mudah, sedangkan untuk Linux sedikit berbeda dari Wimdows. Dengan sistem operasi Linux, ada beberapa mekanisme sandboxing yang berbeda. Namun, untungnya API (Aplication Programming Interface) untuk sandboxing pada Mac OS X lebih mudah daripada Linux. Google akan tetap berhati hati untuk mengembangkan Chrome di mesin Mac OS X ini.
Google mengharapkan Chrome versi final Mac dan Linux ini akan bisa dirilis tahun ini. Sementara menurut Net Applications, Chrome hanya memiliki market share 1,8% di bulan Mei, jauh bila dibandingkan browser Apple Safari untuk Mac yang mencapai 8,43% di bulan yan sama. namun berita baiknya, market share Chrome memgalami peningkatan lebih dari 25 % di bulan Mei daripada bulan sebelumnya.


Sumber : www.dailytech.com

Artikel Terkait



1 komentar:

Anonim mengatakan...

nice info...

Posting Komentar