Matematika dan Komputer : Selamat datang di Blog Pendidikan Matematika dan Komputer

01 Maret 2010

Cek Virus Tanpa Antivirus

Ada cara mudah untuk mengetahui di dalam komputer kita ada virusnya atau tidak. Cara ini tidak perlu antivirus apapun. Berikut ini adalah cara mengecek komputer kita terkena virus atau tidak.
1. Buka command prompt dengan cara Start -> Run -> cmd,
sehingga akan tampil seperti gambar dibawah ini.
Secara default, lokasi akan berada di C:\Documents and settings\nama_user, untuk itu anda harus pindah terlebih dahulu ke folder system32.

2. Ketikkan "cd c:\windows\system32" (tanpa tanda petik) seperti pada gambar.
Tekan enter untuk masuk ke folder system32.

3. Ketik "setup" lalu tekan enter

4. Jika muncul tampilan seperti gambar berikut yang didalamnya ada peringatan "Please go to the Control Panel to install and configure system components."
Berarti komputer anda sehat dari virus, tetapi jika komputer anda malah hank atau restart itu berarti ada virus yang bersemayam di komputer anda.
OK, sekian dulu tipsnya. Semoga berguna....

Artikel Terkait



10 komentar:

Herdoni Wahyono mengatakan...

Hampir setiap saat kita dipusingkan adanya virus yang menyerang komputer kita. Utamanya bila kita melakukan copy file dengan flashdisk antar PC. Secara otomatis program antivirus mendeteksinya.
Ternyata dalam komputer telah dilengkapi perangkat untuk mengetahui adanya virus atau tidak, tanpa menggunakan software antivirus. Trims infonya yang bermanfaat dan menarik.

Fikar mengatakan...

Waduh.. Jadi nggak ada penyelesainnya dongg.. klo pc kita nge-hang .. gawat dah !

Agus Setiawan mengatakan...

Cara ini hanya untuk deteksi virus aja, karena mungkin ada virus yang tidak terdeteksi oleh antivirus yang sudah terpasang di laptop/pc kita. Kalo demikian, berarti kita harus cari antivirus lain untuk membasmi virus yang masih bersemayam di laptop/pc kita.

Achmad Zulfikar mengatakan...

ooohh .. saya kirain bisa di deteksi "D

mastarno mengatakan...

post yang sangat kreatif tapi kadang crass drive atau problem hardware bisa juga mati dengan kita masuk di system32 jadi bukan hanya karena virus...

Agus Setiawan mengatakan...

Jadi tambah ilmu nih Mastarno. Keep share....

Wisnu mengatakan...

Pak agus, saya septiyan wisnu dari kelas XII IPS I mau tanya beberapa pertanyaan.

1. Hari minggu kemarin sya nonton e-lifestyle metrotv yang katanya pak Anton (ahli virus PC MEDIA) apabila kita memasang lebih dari satu antivirus di komputer kita bisa menghambat kinerja komputer kita itu benar atau tidak pak? Soale komputerku saya pasang 2 antivirus (smadav & avast)

2. kalau ya, apa ada antivirus yna bisa menangani virus lokal dan luar. kalau hanya masang antivirus lokal saja takutnya entar gak bisa mendeteksi virus dari luar dan sebaliknya. soale komputer saya terkoneksi dengan internet dan saya tidak mau terulang lagi seperti beberapa waktu yang lau komputer saya terserang virus. 70% data saya di komputer hilang bahkan yabg ada di C. virusnya nyerang system 32 dan kerja komputer saya sangat, sangat, sangat lambat. bahkan kadang me-restart sendiri. terpaksa saya format ulang.

3. Akhir-akhir ini terdengar banyak password facebook yang dibobol. teman saya sudah ada yang mengalaminya. katanya yang bobol itu virus yang cara kerjanya mengirim senua data yang sudah terinfeksi virus itu ke pembuat virus. Bagaimana pak supaya terhindar.

Mohon solusinya.
maaf pak kalo banyak pertanyaan.
terima kasih.

megalibrary mengatakan...

nice info,,,,

dmr mengatakan...

dicoba ...buat ngecek komputer..

Mencegah Penyakit Flu Tulang mengatakan...

Patut dicoba nih...

Posting Komentar